CB Blogger Lab


Assalamualaikum Warrahmatulahi Wabbarakaatuh,,,
Selamat pagi rekan-rekan guru dan sahabat infogurunasionall.blogspot.co.id Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT...

Pernahkan rekan-rekan disini belajar dan menimba ilmu diluar negeri, kami pikir pasti ada yang pernah, atau  hanya sekedar terobsesi untuk melanjutkan pendidikan diluar negeri semuanya pasti ingin..! Baik yang statusnya baru mau kuliah, atau mahasiswa yang melanjutkan studinya, Guru, Dosen bahkan Guru Besar dan Tentu saja rekan-rekan tau ada puluhan ribu orang Indonesia yang menimba ilmu di luar negeri. Perguruan tinggi luar negeri kerap diminati mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya.
Pertanyaannya apakah pendidikan di indonesia di minati oleh pelajar dari luar..? Pasti semua sepakat menjawab, sangat kurang. Minat kita masih berbanding terbalik dengan jumlah mahasiswa asing yang menimba ilmu di Tanah Air.

Ini masih jauh dari cita-cita Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) untuk menjadikan mahasiswa Indonesia sebagai referensi kualitas pendidikan kepada dunia internasional. Untuk itu, Kemenristek menjalin kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk mempermudah pemberian izin belajar dan student visa bagi mahasiswa asing.

( Baca juga : DAFTAR 37 SMA DAN SMK PALING JUJUR SE-INDONESIA )

"Kami harap mahasiswa Indonesia menjadi mahasiswa kelas dunia sehingga menjadi reference mahasiswa asing di dunia. Jumlah mahasiswa asing yang masuk ke Indonesia masih sangat sedikit, sekitar 5.700 orang. Sementara mahasiswa Indonesia yang ke luar negeri ada 28.837 orang. Artinya, terjadi ketidakseimbangan antara mahasiswa Indonesia dan asing," ujar Menristek M Nasir di Kemenkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (21/1/2016).

"Dengan ditandatanganinya MoU ini, mudah-mudahan ke depan makin berkembang dan baik. Ada equality dan arus mahasiswa asing ke Indonesia juga jadi lebih baik," sambungnya.

Nasir juga berharap perguruan-perguruan tinggi di Indonesia bisa mengundang dosen luar negeri untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Ini dilakukan agar mahasiswa lokal juga memiliki gambaran yang luas terhadap disiplin ilmu yang dijalaninya.

Dalam kesempatan ini, Nasir juga menegaskan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia yang masih berbentuk akademi untuk segera datang melapor ke kementeriannya untuk menaikkan statusnya menjadi politeknik. Seperti rencana Kemenkum HAM yang akan meningkatkan status Akademi Imigrasi menjadi Politeknik Indonesia.

"Semua pendidikan tinggi yang ada dibawah kementerian dan lembaga yang selama ini masih berbentuk akademi segeralah berubah untuk jadi politeknik. Apa yang menjadi hambatan itu yang harus kita pangkas," kata Nasir.

Usulan tersebut mendapat respons positif dari Menkum HAM Yasonna Laoly. Dia berharap dengan ditingkatkannya status akademi serta dimudahkannya pemberian izin belajar dan student visa bisa meningkatkan minat pelajar asing ke Indonesia.

Meski demikian, Yasonna tetap mengingatkan agar seluruh pihak di seluruh lini membantu memelihara keamanan bangsa. Khusus kepada Dirjen Imigrasi dan petugas keamanan di bandara juga pelabuhan agar tetap siaga tanpa mengurai keramahan.

(Baca juga : RESMI...!!! PEMERINTAH  BATAL ANGKAT HONORER K2 JADI CPNS )

"Kita dituntut benar-benar harus mampu menjaga negara dari lalu lintas orang negara asing tanpa membuat kesulitan, security tetap jadi perhatian. Harus melindungi kepentingan nas," terang Yasonna.

"Oleh karenanya Imigrasi sebagai pintu gerbang negara menjadi fasilitator ekonomi tanpa melupakan aspek keamanan negara. Kita masih temukan penyimpangan beberapa staf, saya ingatkan kanit yang hadir untuk memberi perhatian khusus di bandara atau pelabuhan karena menyangkut wajah Indonesia," pungkasnya.

sumber : https://news.detik.com

Post a Comment