CB Blogger Lab

Assalamualaikum Warrahmatulahi Wabbarakaatuh,,,
selamat sore rekan-rekan guru dimanapun anda berada, semoga sehat selalu,,,
Kami dari gurukita45.blogspot.com pada kali ini akan memberikan berita yang berasal dari luar negeri akan tetapi masih ada hubungannya dengan negara indonesia. 

Pernahkah anda mendengar cerita ada sekolah diluar negeri yang mengumandangkan lagu indonesia raya..? ya sepertinya hal ini sangat langka, tapi kenyataannya memang ada.
DI meksiko ada sekolah yang mengumandangkan lagu indonesia raya. Pendirinya, Isabel Olguin Romo, mulai cinta Indonesia saat mengajar di sekolah yang diresmikan Presiden Soekarno pada 1959.


Pun ketika Dubes RI Yusra Khan berkunjung ke sekolah bernama "Colegio Indonesia" di kota Coacalco, satu-satunya sekolah di Meksiko dengan nama Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia Raya membahana mengiringi penghormatan pada bendera Merah Putih saat upacara penyambutan.

"Keberadaan 'Colegio Indonesia' di Meksiko secara tidak langsung telah meningkatkan pemahaman masyarakat Meksiko pada nama Indonesia," ujar Dubes dalam sambutannya, Rabu waktu setempat atau Kamis (18/2/2016) WIB.

dok. KBRI Mexico City


Menurut Dubes, pemahaman itu merupakan pintu masuk yang akan membuka lebar keinginan untuk lebih mengenal segala aspek tentang Indonesia. 

(Baca juga : HONORER K2 MENUNGGU KEPASTIAN DI 2017 )
(UJIAN NASIONAL PERBAIKAN (UNP) HANYA DIADAKAN SATU KALI )


"Kami siap mendukung rencana Kepala Sekolah untuk melakukan kegiatan bersama memperkenalkan Indonesia," demikian Dubes.

Kunjungan Dubes ke sekolah ini atas undangan Kepala Sekolah untuk menjaga hubungan baik dengan KBRI di Mexico City yang telah terbina erat sejak 1979 dan meningkatkan kerjasama demi lebih mengenalkan Indonesia di kalangan sekolah.

Dubes dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi tinggi atas kegigihan Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin dalam memajukan sekolah "Colegio Indonesia".

Sebelumnya wakil dari Kementerian Pendidikan Publik Coacalco, Maribel Fuente Prado, menyampaikan apresiasi atas kedekatan hubungan antara pihak sekolah dan Perwakilan Indonesia.

Sementara itu Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin mengatakan bahwa siswanya memiliki minat untuk mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia, oleh sebab itu perlu kegiatan bersama untuk mengenalkan Indonesia di sekolahnya.

Olguin sendiri pernah diundang ke Jakarta untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-50 tahun 1995 sebagai salah satu Sahabat Presiden RI.

"Colegio Indonesia" didirikan oleh Isabel Olguin Romo pada 1979 dan memiliki siswa sebanyak 327 orang dari TK sampai tingkat Menengah Pertama. Hingga kini sekolah ini telah mencetak 5.500 lulusan.

Isabel mendirikan sekolah ini didasari atas rasa cintanya pada Indonesia. Rasa itu mulai tumbuh saat ia mengajar di Escuela de la Republica Indonesia di Tacuba, Mexico City, yang diresmikan pada 1959 oleh Presiden kharismatis, Soekarno. 

sumber: https://news.detik.com

Post a Comment