CB Blogger Lab

Apa yang terbersit dalam benak Anda jika disuruh menyebutkan makanan – makanan tradisional di seluruh Negara di dunia? Tentunya yang terbersit di benak Anda adalah makanan-makanan tradisional di beberapa Negara saja seperti Italia dengan pizza, keju parmesan, lasagna, China dengan dumpling, mie, Indonesia dengan gado – gado, ketoprak, soto, dan lain – lain. Bagaimana dengan Spanyol? Tahukah Anda mengenai makanan – makanan tradisional yang ada di Spanyol. Mari, kita ulas makanan tradisional yang ada di Spanyol.
Paella adalah hidangan tradisional Spanyol dari Valencia terdiri dari nasi dengan daging, ikan, seafood, dan sayuran serta kunyit yang berfungsi untuk memberikan warna kuning dan rasa yang unik. Makanan ini berasal dari pertengahan abad ke 19 di dekat Albufera Laguna, pesisir pantai Valencia. Secara luas hidangan Paella ini merupakan hidangan nasional Spanyol dan hidangan daerah Valencia. Paella terdiri atas tiga jenis, yaitu :paella
  • Paella Valencia berisi nasi, sayuran hijau, kelinci, ayam atau bebek, siput, kacang – kacangan, dan bumbu
  • Paella seafood berisi nasi, seafood / makanan laut, dan bumbu
  • Paella campuran berisi kombinasi makanan laut / seafood, daging, sayuran, kacang – kacangan, dan bumbu.
Resep asli Paella sendiri terdiri dari nasi, kacang – kacangan, daging (ayam dan kelinci), siput, dan bumbu seperti kunyit dan rosemary, ada juga artichoke. Paella Seafood sendiri dagingnya diganti dengan makanan laut dan tidak menggunakan kacang – kacangan dan sayuran hijau.
Paella telah menjadi hidangan yang selalu dihidangkan saat pertemuan besar di Valencia seperti festival, kampanye politik, protes, dan lain – lain. Pemiliki restoran Valencia Juan Galbis mengklaim telah membuat paella terbesar di dunia pada tanggal 2 Oktober 2001. Paella ini dapat disantap sekitar 110.000 orang menurut situs Galbis. Paella ini bahkan lebih besar dari paella sebelumnya yang dibuat pada tanggal 8 Maret 1992 yang dapat disantap sekitar 100.000 orang. Untuk itu, Galbis telah berhasil memecahkan rekor paella di Guinness Book of World Records.

Jamón Serrano and Jamón Ibérico

Jamón Serrano dan Jamón Ibérico merupakan ham Spanyol kering yang diiris tipis dan merupakan makanan Spanyol. Khas dari JaJamón ibéricomón Serrano ialah ham asin yang dikeringkan biasanya terbuat dari babi putih dan jenis Jamón yang umumnya disajikan dengan irisan tipis atau terkadang dipotong dadu.
Mayoritas ham Serrano terbuat dari jenis babi putih dan jauh lebih mahal dari jamón ibérico. Ham yang segar ini dipotong dan dibersihkan, kemudain ditumpuk dan dilumuri garam sekitar dua minggu, lalu ham yang telah dilumuri garam tersebut kemudian dicuci dan digantung sampai kering sekitar enam bulan, lalu digantung ke tempat yang sejuk selama 6 hingga 18 bulan tergantung iklim, serta ukuran ham. Jamón Serrano telah dikenal kelezatannya sejak kekaisaran Romawi. Meskipun ham ini tidak mahal di Spanyol dan di Uni Eropa, ham ini justru lebih mahal di luar Uni Eropa karena nilai tukar mata uangnya.Jamón serrano
Jamón Ibérico terbuat dari babi Iberia hitam dan sering disebut jamón de pata negra ( kuku hitam ) dan merupakan jenis ham yang diawetkan dan diproduksi sebagian besar di Spanyol. Di beberapa daerah Portugis ham tersebut dikenal dengan presunto ibérico. Ham yang asin selanjutnya dikeringkan selama dua minggu, setelah itu ham – ham tersebut dibilas dan dibiarkan mengering selama 4 hingga 6 minggu. Proses pengawetan setidaknya selama 12 bulan, meskipun beberapa produsen mengawetkan jamón ibérico hingga 48 bulan.

Queso Manchego

Makanan tradisional lainnya adalah queso manchego yang biasanya dimakan bersama – sama dengan jamón serrano atau ibérico. Queso manchego merupakan keju dari susu domba jenis manchega daerah La Mancha, Spanyol. Keju manchega ini harus berusia antara 60 hari hingga 2 tahun.
Queso ManchegoManchego memiliki tekstur mentega dan kantong udara yang tidak merata. Warna kejunya juga beragam dari putih ke kuning gading, dan kulitnya berwarna dari kuning ke coklatan krem. Keju ini memiliki rasa yang khas, berkembang dengan baik tetapi rasanya yang tidak terlalu kuat, lembut dengan sedikit kesedapan dan menghilangkan rasa dari susu domba tersebut.
Queso manchego telah diberikan status Protected Designation of Origin (PDO) oleh Uni Eropa. Keju – keju manchego dibentuk dengan cara ditekan dalam bentuk barel. Secara tradisional, keju manchego dibuat dengan ditekan di atas anyaman keranjang rumput berpola zig – zag yang khas. Terdapat juga keju yang mirip dengan keju Manchego, dibuat di wilayah yang sama tetapi dari campuran susu sapi, kambing, dan susu domba dikenal dengan queso ibérico atau keju ibérico.

Tapas

Tapas adalah makanan tradisi Spanyol terdiri dari berbagai jenis makanan diatas piring – piring kecil, seperti makanan pembuka atau makanan ringan seperti jamón serrano, queso manchego, dan lain – lain atau menu hangat seperti tortilla española, bakso, dan lain – lain. Disini Anda mendapatkan kesempatan besar untuk mencicipi berbagai macam rasa dan hidangan, jadi jika Anda berkunjung ke Spanyol jangan lupa untuk memesan Tapas. Hidangan – hidangan ini juga disajikan untuk mendorong pembicaraan antar orang yang tengah memakan tapas ini karena orang – orang tidak akan terfokus pada makanannya namun juga orang – orang tersebut dapat berpindah tempat untuk mengambiltapasmakanan – makanan ini sehingga orang – orang yang sedang menikmatinya dapat berbincang – bincang.
Menurut The Joy of Cooking, tapas yang asli merupakan irisan roti atau daging yang digunakan untuk menutupi antara gelas dan ujung gelas sehingga mencegah lalat hinggap dan melayang di atas makanan tersebut. Daging tersebut biasanya ham atau chorizo.
Tapas telah berkembang melalui sejarah Spanyol dan memasukkan bahan – bahan dan pengaruh dari berbagai budaya dan Negara yang berbeda. Sebagian besar semenanjung Iberia diserbu oleh orang Romawi yang memperkenalkan zaitun dan metode irigasi. Pengaruh dari kehadiran mereka selama 700 tahun terutama di Andalusia berdampak pada bahan-bahan untuk membuat makanan tradisional Spanyol. Penemuan dunia baru membawa pengenalan akan tomat, paprika, jagung dan kentang.

Tortilla Española

Makanan khas Spanyol lainnya masih ada tortilla española disebut dalam bahasa Inggris sebagai Tortilla, Spanyol Omelette adalah hidangan khas Spanyol yang terdiri dari sebuah telor dadar yang dibuat dengan ditambahkan kentang dan digoreng dalam minyak sayur. Di Spanyol hidangan ini disebut dengan tortilla de patatas atau tortilla española yang berarti “torte kecil / kue”.
Tortilla EspañolaTortilla adalah hidangan omelet kentang yang digoreng dengan minyak zaitun. Tortilla merupakan hidangan beraroma dengan penambahan bawang cincang dan dapat disajikan selagi hangat atau dingin. Tortilla yang paling umum hanya dibuat dengan telur dan kentang, dan mungkin dengan bawang, digoreng bersuhu sedang.
Banyak variasi penambahan bahan dasar untuk Tortilla ini berupa paprika hijau, chorizo, courgette, terong, jamur, dan ham potong dadu. Tortilla paisana dibuat dengan menambahkan cabai merah dan kacang polong. Terkstur tortilla seharusnya berair dan sedikit tebal dengan lingkar 12 inci (ukuran piring). Di Spanyol, tortilla hampir selalu disertai dengan roti dan kadang – kadang denganpimientos de padron.

Post a Comment